Jumat, 08 Juni 2012

El Nino Dan La Nina

^El Nino merupakan fenomena global dari sistem interaksi laut dan atmosfer yang ditandai dengan memanasnya suhu muka laut di Pasifik Ekuator. Datang 2 tahun atau 7 tahun sekali. Curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia akan berkurang.
^ La Nina adalah fenomena mendinginnya suhu muka laut di pasifik Ekuator. Menyebabkan turunya hujan di daerah tersebut lebih banyak.



Kondisi Normal
Peristiwa El Nino
Peristiwa La Nina
Dalam keadaan normal angin berhembus dari timur melintasi samudra pasifik. Ini menyebabkan air hangat dari pasifik tengah terdorong ke barat. Air hangat ini berkumpul disepanjang garis pantai Australia sebelah Utara, lalu mengalir ke perairan Indonesia, terbetnuklah awan diatas air hangat, Awan ini membawa tujuan apabila bergerak diatas Australia dan Indonesia.
Suhu di Samudra Pasifik menjadi hangat, tetapi tidak di Australia Utara dan Indonesia, Jika hal ini terjadi angin pasat akan melemah dan arahnya berbalik. Udara tropis yang lembap tidak berpsuat di Benua Australia. Udara lembap beralih berpusat di Samudra Pasifik hal ini menyebabkan turunya hujan di Samudra Pasifik dan hijrah di belahan Australia dan Indonesia menjadi berkurang. Akibatnya timbul kekeringan
terjadi ketika angin pasat berhembus dengan keras dan terus menerus melintasi daerah yang
dilewati. Angin tersebut mendorong lebih banyak air hangat dibandingkan biasanya . akibatnya semakin banyaklah awan
yang terkonsentrasi, sehingga menyebabkan turunya hujan di daerah tersebut lebih banyak. Di daerah tersebut terjadi
hujan deras yang mengakibatkan banjir dan air pasang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar